TIMELINE
1.
Timeline yaitu kemampuan untuk menampilkan suatu
perjalanan waktu animasi dalam
pergerakkannya. Digunakan untuk mengatur frame, layer dan durasi animasi.
2.
.
3.
Frame , Layer , dan Durasi Waktu
4.
Keyframe merupakan suatu tempat
yang digunakan untuk menaruh objek.
5.
- Keyframe adalah frame dimana Anda menentukan perubahan pada tombol
atau animasi. Pada animasi tween, Anda membuat keyframe hanya pada titik yang
penting di dalam Timeline. Keyframe ditandai oleh titik di dalam frame.
Keyframe yang tidak berisi gambar di dalam layer ditandai oleh titik kosong.
- BlankKeyframe artinya kita mempersiapkan frame kosong untuk diisi objek baru, dan apabila kita menggambar objek, blank keyframe tersebut sudah berisi objek. Blank keyframe dilambangkan dengan titik bulat putih pada frame.
- BlankKeyframe artinya kita mempersiapkan frame kosong untuk diisi objek baru, dan apabila kita menggambar objek, blank keyframe tersebut sudah berisi objek. Blank keyframe dilambangkan dengan titik bulat putih pada frame.
6.
.
7.
Tweening adalah proses menganimasikan objek dengan cara memberikan perubahan
bentuk / posisi objek yang terletak di frame awal atau di akhir frame sehingga
akan terbentuk frame-frame baru diantara frame awal dan frame akhir.
8.
Fungsinya adalah menggerakan objek dari satu
tempat ke tempat yang lain atau bisa juga untuk mengubah ukuran dari yang kecil
menjadi besar, begitu pula sebaliknya atau bisa juga objek yang kelihatan
menjadi hilang dan sebaliknya.
9.
1. Gambarlah kotak dengan menggunakan rectangle tool pada frame 1.
aturlah warna kotak dan stroke hitam. Letakan di sebelah kiri.
2. Setelah itu ubahlah kotak menjadi symbol. Klik Selection tool, lalu
seleksi objek yang dibuat kemudian klik menu Insert > Convert to Symbol.
Beri nama kotak dan behaviour grafik.
3. Klik kanan pada frame 20 kemudian pilih Insert Keyframe.
4. Pilih kotak pada frame 20 tersebut kemudian pindahkan ke sebelah kanan
stage.
5. Klik kanan pada frame 1 pilih create motion tween. Tekan tombol tekan
Ctrl+Enter untuk menguji jalannya movie.
10. 2 (dua) jenis animasi
yaitu Animasi Motion Tween dan Animasi Shape Tween.
11.
12. Masking
merupakan sebuah teknik dasar dalam pembuatan animasi dengan Macromedia Flash.
Dengan teknik ini kita bisa membuat cara menampilkan object flash sesuai dengan
keinginan kita. Berikut ini salah satu contoh hasil membuat animasi dengan
teknik masking, sebenarnya masih banyak sekali variasi dari penggunaan animasi
ini berikut ini hanyalah salah satu contoh yang familiar dengan efek masking
pada macromedia flash.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar